Pengukuhan Dua Guru Besar FK

Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan Prof. dr. Chaula Luthfia Sukasah, SpB., SpBP(K)sebagai Guru Besar Tetap dalam Ilmu Bedah Plastik Fakultas Kedokteran (FK) UI dan Prof. Drs. Purnomo Soeharso, Ph.D (61) sebagai Guru Besar Tetap dalam Ilmu Biologi Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) UI yang berlangsung Sabtu pagi (11/10) di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Kampus Salemba. Upacara pengukuhan dipimpin Ketua Dewan Guru Besar  Prof. Dr. Biran Affandi, Sp.OG(K).

Prof. dr. Chaula Luthfia Sukasah, SpB., SpBP(K), kelahiran Jakarta 8 Desember 1949 membacakan pidato pengukuhan berjudul ”Hipospadia : Masalah yang Ditimbulkan dan Penanganannya”. Pemilihan topik ini dimaksudkan agar dapat terjadi peningkatan kewaspadaan dan kepedulian untuk melakukan penanganan kelainan hipospadia yang lebih baik. Melalui pemahaman masalah yang dapat terjadi pada penderita hipospadia, diharapkan akan meningkatkan kesadaran pentingnya penanganan masalah hipospadia secara komprehensif (menyeluruh).

Topik pidato pengukuhan berjudul ”Biologi Kedokteran Sebagai Ilmu Dasar Terdepan Yang Mendukung Kemajuan Pendidikan dan Ilmu Kedokteran” disampaikan Prof. Drs. Purnomo Soeharso, Ph.D. Pidato tersebut membahas mengenai pentingnya biologi kedokteran dalam mendukung kemajuan pendidikan kedokteran dan kemajuan ilmu kedokteran itu sendiri serta mengugah kesadaran kita yang terlibat atau menjadi bagian dari pendidikan dan pengguna ilmu kedokteran tentang pentingnya memahami dan mendalami biologi kedokteran sebagai kunci pertama memasuki gerbang ilmu dan profesi kedokteran. Disadari atau tidak, sepanjang hidupnya sejak sebelum dilahirkan sampai akhir hayatnya, manusia selalu mengalami dan berhadapan dengan masalah-masalah perkembangan, heriditas dan aktivitas hidup lainnya pada tingkat sel dan molekul.

Related Posts