Memorial Day: Pengabdian Tiga Guru Besar Filsafat Hukum

Djokosoetono Reasearch Center (DRC) Fakultas Hukum Universitas Indonesia mempersembahkan acara “Memorial Day: Pengabdian Tiga Guru Besar Filsafat Hukum” pada kamis (28/11), pukul 09.00-12.00 WIB, di Balai Sidang Djokosoetono FH UI, Kampus Depok. Kegiatan ini diupayakan untuk ada setiap tahun untuk mengenang kembali pengabdian para Guru Besar FH UI yang telah tiada dan menuliskan buku yang berisikan berbagai tulisan dari murid, kolega, dan keluarga tercinta sebagai penghormatan kepada beliau. Ketiga Guru Besar Filsafat Hukum yang dikenang pada acara ini adalah, Prof. Purnadi Purbacaraka, Prof. Soerjono Soekanto dan Prof. Charles Himawan yang telah mengabdikan dirinya kepada pengembangan akar pemikiran dari ilmu hukum itu sendiri baik dari segi etis, sosial dan praktis. Semua pemahaman yang terserap oleh setiap orang yang pernah berkesempatan mendengarkan kuliahnya tentu akan menggores sampai akhir perjalanan keilmuannya. Acara ini dihadiri oleh para mahasiswa, dosen, dan keluarga dari ketiga Guru besar tersebut.

Acara diawali dengan sambutan dari ketua Djokosoetono Reasearch Center (DRC) FH UI Melda Kamil Ariadno, S. H, LL, M, Ph. D, lalu dilanjutkan sambutan dari Dekan FH UI yaitu, Dr. Siti Hajati Husein, S. H, M. H, dan acara ini juga dihadiri oleh Dekan baru teripilih FH UI yaitu Topo Santoso, S. H, M. H, Ph. D. serta acara ini dimoderatoti oleh Arie Afriansyah, S. H, M. IL, Ph. D.

Sesi pertama, ditujukan untuk mengenang Prof Purnadi Purbacaraka, dengan diawali dari pihak keluarga yang diwakili oleh anaknya yaitu, Ir. Nus Purnandya, lalu dilanjutkan oleh murid beliau dulu yaitu Prof. Arie S. Hutagalung, S. H. M. LI. yang memaparkan tentang “Kajian Filsafat Hukum Ethis: Kontroversi Pembangunan Pabrik Baja di Lokasi Situs Purbakala Kerajaan Majapahit Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto dalam Perspektif Undang- Undang Penataan Ruang dan Penetapan Cagar Budaya. Kemudian dilanjutkan oleh Surini Ahlan Syarif, S. H, M. H tentang kenangan bersama Prof. Purnadi Purbacaraka “Bapakku dan Guruku”. Selanjutnya cerita dari Ratih Lestarini, S. H, M. H tentang “Pak Purnadi Purbacaraka yang saya kenal”.

Sesi kedua diberikan untuk mengenang Prof Soerjono Soekanto. Diawali dengan cerita tentang Prof Soerjono dimata keluarga yang diwakili oleh anaknya Dra. Budi Sulistyowati, M. A. Dilanjutkan dengan pemaparan “Pokok- Pokok Pikiran yang Tercecer tentang Filsafat Hukum Aspek Sosiologis” oleh Purnawidhi W. Purbacaraka, S. H, M. H. Kemudian cerita dari Sri Mamudji, S. H, M. Law Lib. tentang Memori Prof. Dr. Soerjono Soekanto “Guruku dan Kakakku”. Dan dilanjutkan oleh Heri Tjandrasari, S. H, M. H yang bercerita tentang Prof. Soerjono yang saya kenal.

Sesi ketiga, mengenang Prof. Charles Himawan. Diawali cerita dari perwakilan keluarga. Dilanjutkan oleh Dr. Agus Brotosusilo, S. H, M. A memaparkan tentang “Transplantasi Hukum Asing di Indonesia dan the Economic Analysis of Law”. Kemudian diteruskan oleh Ugrasena Pranindhana, S. H, M. A. bercerita tentang “Pak Charles yang saya kenal”. Setelah itu dilanjutkan pemaparan tentang “Filsafat Hukum sebagai Praksis Hidup: Membaca Filsafat Hukum Prof. Charles Himawan” oleh Antonius Cahyadi, S. H, LL. M. (LEN)

Related Posts